Asuransi Kesehatan

Mungkin Anda sudah mengenal salah satu program pemerintah di bidang asuransi kesehatan yaitu BPJS, bagaimana dengan program asuransi sejenis yang di pasarkan oleh perusahaan asuransi swasta. Apa saja yang di jamin dalam asuransi yang di pasarkan perusahaan swasta ini. Simak ulasan nya

Kriteria Ideal  Memilih Produk  Asuransi Kesehatan

Saat berstatus karyawan mungkin anda memiliki jaminan asuransi kesehatan dari perusahaan tempat anda bekerja. Sayangnya jika anda berstatus usahawan, maka biaya kesehatan harus mendapatkan perhatian penuh. Solusi yang bisa dihadirkan adalah dengan memproteksi diri dengan asuransi.

Langkah kemudian yang harus diambil adalah memilih asuransi perlindungan kesehatan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda. Cermati manfaat dan nilai premi yang diberikan, termasuk perhatikan juga seberapa besar jaringan rumah sakit yang menjalin kerjasama dengan perusahaan asuransi tersebut.

Jenis asuransi kesehatan ini akan menawarkan pergantian atas biaya kesehatan bila pemilik polis mendapatkan perawatan medis di rumah sakit akibat kecelakaan atau serangan penyakit tertentu. Besaran nilai pergantian biaya perawatan medis ini disesuaikan dengan batasan limit berdasarkan produk asuransi yang anda beli.

Asuransi ini sangat tepat dijadikan cara tepat dalam pengelolaan keuangan keluarga. Perlu anda ketahui bahwa asuransi kesehatan tidak sama dengan asuransi penyakit kritis. Karena pemilik asuransi tersebut hanya akan mendapatkan santunan tunai, bila anda terserang penyakit kritis sesuai ketentuan asuransi. Agar tidak salah dalam membeli jenis asuransi kesehatan ini, sebaiknya perhatian beberapa kriteria ideal asuransi untuk kesehatan. Berikut point point yang perlu anda perhatikan dalam memilih asuransi kesehatan :

 

 

  • Memilih asuransi tanpa limit setiap perawatan medis

Plafond atau limit biaya maksimum perawatan medis biasanya diterapkan perusahaan asuransi. Biasanya produk asuransi menetapkan dus jenis limit, yaitu limit setiap perawatan dan limit gabungan seluruh biaya perawatan. Kebijakan setiap perusahaan asuransi berbeda-beda, ada yang hanya menerapkan jenis pertama, jenis kedua bahkan keduanya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anda.

  • Nilai plafon dan premi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda

Nilai plafond asuransi bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Bila skema plafond yang anda pilih nilainya rendah, maka biaya perawatan yang melebihi nilai plafond tersebut menjadi tanggungan anda. Besaran nilai plafond asuransi berkaitan erat dengan nilai premi. Semakin tinggi harga kamar di sebuah rumah sakit, maka semakin tinggi pula nilai preminya. Sebaiknya sesuaikan nilai premi dengan kemampuan anda, jangan sampai menjadi beban berat keuangan anda.

  • Memilih asuransi kesehatan yang murni

Sebaiknya anda memilih asuransi kesehatan murni atau berdiri sendiri. Karena bila asuransi tersebut adalah rider dari asuransi jiwa unit link harganya sangat mahal. Karena di dalam jenis asuransi ini, nilai premi terdiri dari asuransi jiwa, elemen investasi dan asuransi perlindungan kesehatan. Sehingga membuat porsi perlindungan kesehatan nilainya kecil. Maka anda harus membeli asuransi dengan biaya tinggi untuk bisa memperoleh plafond yang besar. Hal ini semakin diperparah dengan adanya potongan biaya atas unit link yang terbilang besar. Sehingga berdampak buruk dengan semakin kecilnya nilai premi kesehatan.

  • Memiliki layanan cashless dan jaringan rumah sakit luas

Dengan adanya cashless, maka proses penggantian klaim  berlangsung sangat mudah. Dengan layanan ini maka ketika anda harus dirawat di rumah sakit tidak harus mengeluarkan uang. Karena anda bisa merampungkan tagihan rumah sakit hanya dengan memakai kartu asuransi kesehatan. Pembayaran di muka juga tidak perlu dilakukan. Oleh karenanya pastikan rumah sakit ini telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi. Dengan alasan ini, sebaiknya memilih asuransi yang bekerjasama dengan banyak rumah sakit. Rumah sakit favorit anda sebaiknya harus tertera dalam daftar jaringan rumah sakit tersebut.

  • Perhatikan masa tunggu klaim asuransi

Perusahaan asuransi biasanya menetapkan kebijakan tertentu berupa masa tunggu klaim biaya perawatan medis tertentu. Sehingga anda tidak bisa mengklaim biaya dalam jangka waktu tertentu dimulai dari masa berlaku dari asuransi yang anda beli. Misalkan anda hanya bisa mengklaim biaya pada 12 bulan kemudian dan sebagainya. Oleh karenanya sebaiknya anda tanyakan dengan detail mengenai kebijakan ini. Ketahui jenis penyakit yang dicover asuransi dan berapa lama masa tunggunya.

  • Selalu berprioritas pada fasilitas rawat inap

Biaya kesehatan meliputi rawat inap dan rawat jalan. Lebih baik anda fokus pada produk asuransi yang mampu memberikan pertanggungan rawat inap. Dikarenakan biaya rawat inap lebih tinggi di bandingkan rawat jalan. Tapi bila ada pos keuangan lebih, sebaiknya juga mengambil fasilitas tambahan berupa asuransi rawat jalan.

 

Definisi asuransi kesehatan sendiri bisa Anda baca juga di wikipedia

Untuk mengetahui berapa besaran premi dan mengajukan asuransi kesehatan secara online silahkan klik disini atau pilih menu produk asuransi kesehatan

asuransi kesehatan